• Arsitektur
sistem operasi adalah arsitektur perangkat lunak yang digunakan dalam
membangun perangkat lunak sistem operasi.
• Arsitektur
sistem operasi yang terkenal antara lain :
Sistem
monolitik
Sistem
berlapis
Sistem client
/ server
Sistem
mesin maya
Sistem
berorientasi objek
Sistem monolitik
• Operating
System/ Sistem operasi merupakan kumpulan prosedur bahwa prosedur-prosedur di
dalamnya dapat saling memanggil apabila perlu. Semua layanan yang
disediakan sistem operasi berisi karnel.
• Kelemahan
:
• Karena
tidak dapat dipisahkan dan dilokalisasikan maka pengujian dan penghilangan
kesalahan sulit
• Dalam
menyediakan fasilitas pengamanan tergolong sulit
• Pemborosan
• Kelebihan
:
• Layanan
dapat dilakukan sangat cepat karena ada di suatu ruang alamat
Sistem
berlapis
• Operating
System/ Sistem operasi dibentuk secara hirarki berdasarkan lapisan-lapisan ,
dalam hal ini lapisan-lapisan bawah memberi layanan untuk lapisan lebih atas.
Masing-masing lapisan di satu ruang alamat tersendiri. Sistem operasi berlapis
yang pertama kali memakai sistem berlapis THE.
• THE dibuat
oleh Dijkstra dan mahasiswa-mahasiswanya. Sistem berlapis bertujuan untuk
mengurangi implementasi sistem operasi dan kompleksitas rancangan.
Tiap lapisan memiliki antarmuka dan fungsionalmasukan – keluaran dengan 2
lapisan bersebelahan dengan terdefinisi baik.
• Kelemahan
:
• Fungsi
– fungsi sistem operasi yang harus diberikan ke masing-masing lapisan harus
dilakukan secara hati-hati.
• Keunggulan
:
• Sistem
berlapis memiliki semua keunggulan rancangan yang modular, yaitu sistem terbagi
dalam beberapa modul. Masing-masing lapisan atau modul itu dapat dirancang, dikode,
dan diuji secar independen. Pendekatan berlapis menyederhanakan rancangan,
spesifikasi, dan implementasi sistem operasi.
• Sistem
operasi merupakan kumpulan proses, dalam hal ini proses-proses dikategorikan
menjadi server dan client. Server dan client berinteraksi,
saling melayani yaitu :
•
Server adalah proses yang
menyediakan layanan
•
Client adalah proses yang memerlukan /
meminta layanan
• Kelemahan
:
• Layanan
dilakukan secara lambat karena harus melalui pertukaran pesan
• Pertukaran
pesan dapat menjadi bottleneck
• Kelebihan
:
• Pengembangan dapat dilakukan
secara modular
• Kesalahan
(bugs) di satu sub sistem (diimplementasikan sebagai satu proses
tersendiri) tidak merusak sub sistem-sub sistem lain sehingga tidak
mengakibatkan satu sistem mati secara keseluruhan.
Sistem mesin
maya
- Awalnya struktur ini membuat seolah-olah semua pemakai mempunyai seluruh komputer sendirian. Teknik yang digunakan adalah degnan atas pemroses yang digunakan. Sistem operasi melakukan simulasi banyak mesin nyata. Mesin maya hasil simulasi digunakan pemakai. Mesin maya ini merupakan tiruan seratus persen atas mesin nyata. Satu pemakai diberi satu mesin maya. Semua pemakai diberi ilusi mempunyai satu mesin nyata(maya) yang sama-sama canggih.
• Kelemahan
:
• Implementasi
yang efisien merupakan masalah yang sulit karena sistem menjadi besar dan
kompleks
• Keunggulan
:
• Sistem
mesin maya memberikan fleksibilitas tinggi sehingga sampai memungkinkan sistem operasi-sistem operasi
berbeda dapat dijalankan di mesin maya – mesin maya berbeda oleh
pemakai-pemakai yang berbeda.
Sistem
berorientasi objek
- Sistem operasi yang merealisasikan layanan sebagai kumpulan proses disebut sistem operasi bermodel proses. Pendekatan lain implementasi layanan adalah sebagai objek-objek. Sistem operasi yang diinstruksikan berdasarkan paradigma objek disebut sistem operasi berorientasi objek. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengadopsi keunggulan teknologi berorientas objek.